Tips Apabila Anak Pilek


Tips 1 tahun lalu 599 Hits
tips-apabila-anak-pilek

Salah satu alasan bahwa bayi sering pilek adalah sistem kekebalan tubuh bayi belum matang dan lebih dari 200 virus yg berbeda menyebabkan pilek dan anak Anda mengembangkan kekebalan terhadap mereka satu per satu. Kebanyakan bayi akan mengalami 6-10x pilek setiap tahun.

Kalau anak masih aktif dan normal, berikut beberapa cara untuk membantu mengurangi sakit bila pilek/ flu secara alami.

1. Gunakan air garam, tetes sedikit ke dalam hidungnya untuk melonggarkan lendir. Lalu hisap keluar cairan dan lendir bbrp menit kemudian dgn semprotan karet/aspirator hidung. Jika bayi Anda mengalami masalah menyusui dgn hidung tersumbat, cobalah cara ini sekitar 15 menit sebelum menyusui. Kemudian bayi Anda akan dapat bernapas dan mengisap pada waktu bersamaan. Jika sudah berat/terlalu banyak slime, bawa ke dokter, mungkin dokter akan merekomendasikan penggunaan inhalasi di rumah sakit.

2. Melembabkan udara.

Gunakan humidifier atau vaporizer dingin utk melembabkan udara di kamar bayi Anda. Jika tidak punya, bisa menggunakan ember berisi air panas, yang uapnya dibiarkan di kamar (jangan langsung ke bayi).

3. Penting menjaga bayi Anda terhidrasi dengan baik, untuk bayi di bawah 6 bulan ini berarti memastikan bayi banyak mendapatkan ASI. Jika bayi Anda terhidrasi dgn baik mungkin tandanya harus mengganti setidaknya 5/6 popok sehari. Meskipun ASI bukan penangkal terhadap infeksi, penelitian telah menunjukkan bahwa bayi yg disusui eksklusif akan lebih jarang sakit karena antibodi dalam ASI melindungi terhadap sejumlah kuman.

4. Mandi air hangat
Bisa membuat napas terasa lebih nyaman. Selain itu bisa juga dengan membungkuk di atas bak berisi air panas atau meletakkan kompres hangat di daerah sinus.

5. Pilihlah obat secara bijak 
Selalu konsultasikan obat yg akan diberikan kepada anak ke dokter spesialis anaknya. Meskipun obat tersebut dijual bebas dipasaran. Jangan sampai salah memberi obat kepada anak.

6. Menggosokkan balsam khusus anak
di dada dan tenggorokan bisa membantu meringankan hidung mampet yg berhubungan dengan flu.

7. Meninggikan kepala saat tidur 
Tapi sebaiknya jangan menumpuk banyak bantal tapi dgn membentuk lereng yg bertahap berundak.


Kesehatan

Article & Tips Lainnya

Tips 1 tahun lalu 2266 Hits

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dengan…

Blog 1 tahun lalu 332 Hits

Bali is Unique

Blog 1 tahun lalu 256 Hits

Lorem Ipsum adalah contoh teks atau dummy